Monitoring Jaringan dalam Perusahaan Telekomunikasi

Bagaimana network monitoring dalam perusahaan telekomunikasi di perkembangan teknologi yang semakin maju ini?

Network Monitoring in Internet Service Provider - Ilustration

Network monitoring atau monitoring jaringan adalah sebuah praktik yang dilakukan untuk memonitor dan mendeteksi perangkat jaringan yang mengalami masalah seperti kegagalan atau kelambatan. Biasanya yang membutuhkan monitoring jaringan ini adalah perusahaan yang memanfaatkan jaringan untuk kelancaran bisnisnya dan memiliki cabang di beberapa tempat. Salah satu contohnya adalah perusahaan telekomunikasi khususnya Internet Service Provider (ISP) seperti provider yang sering kita gunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana peran monitoring jaringan dalam perusahaan telekomunikasi. Simak artikel berikut sampai akhir untuk mengetahui informasi selengkapnya. 

Apakah Perusahaan Telekomunikasi perlu Monitoring Jaringan?

Perkembangan teknologi saat ini tumbuh semakin pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan jaringan juga ikut berkembang. Sebagai contohnya sekarang ini kita dapat dengan mudah streaming lagu melalui platform aplikasi musik online. Tidak hanya itu saja, untuk menonton serial dan film pun sekarang jadi lebih mudah dengan hadirnya platform aplikasi streaming online seperti Iflix, Viu, maupun Netflix. Ketika ingin menggunakan transportasi pun kita dimudahkan dengan adanya aplikasi ojek online. Kemudahan yang sudah tersedia di sekitar kita akan terasa percuma jika kualitas jaringan internet yang digunakan buruk. Apalagi jika jaringan mengalami downtime yang mengakibatkan kegiatan sederhana seperti di atas menjadi terganggu. 

Berdasarkan fakta ini membuat perusahaan telekomunikasi menyadari bahwa kualitas jaringan yang baik sangat dibutuhkan oleh penggunanya. Hal ini sekaligus menjadi tantangan besar bagi penyedia layanan internet service provider (ISP), penyedia telepon, broadband, dan juga penyedia layanan internet nirkabel (WISP) untuk meminimalkan peluang downtime pada jaringan. Maka dari itu dibutuhkan solusi monitoring jaringan (network monitoring solution) untuk mengatasi masalah seperti di atas. Kamu dapat mencegah permasalahan terkait dengan jaringan sebelum terjadi sehingga dapat meningkatkan layanan perusahaan kamu. 

Bagaimana Peran Monitoring Jaringan dalam Perusahaan Telekomunikasi?

Monitoring jaringan dapat mempermudah pekerjaan tim IT jaringan atau monitoring jaringan di perusahaan. Beberapa alat monitoring jaringan (network monitoring tool) dapat memberikan peringatan kepada tim IT jaringan jika ditemukan masalah dan dapat memprediksikan threshold atau ambang batas pada perangkat jaringan sebelum masalah terjadi dan mencegahnya menjadi lebih parah lagi. Sebaliknya, jika kamu masih melakukan cara manual, maka kamu akan membuang banyak waktu karena harus menunggu masalah terjadi terlebih dahulu baru dapat bisa diidentifikasi.

Bagi kamu yang memiliki permasalahan jaringan dan tertarik untuk mencoba monitoring jaringan maka kamu dapat menggunakan Netmonk, aplikasi monitoring jaringan dengan network monitoring services dari Indonesia. Kenapa harus Netmonk?  Karena Netmonk memiliki 3  fitur unggulan yaitu real-time monitoring, real-time notification, dan laporan dalam bentuk pdf yang sangat memudahkan pekerjaan tim IT jaringan atau network engineer di perusahaan kamu. Jika kamu tertarik untuk mempelajari produk kami, silakan kunjungi website kami dan jika ada pertanyaan lain terkait produk kami silahkan hubungi tim marketing kami di sini. Semoga artikel ini dapat membantu. 

Referensi :

https://www.techopedia.com/definition/24149/network-monitoring

https://www.helpsystems.com/resources/articles/why-telecommunications-companies-need-network-mapping-software

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk